Seribu Manfaat Akupuntur Medik Bagi Kesehatan, RS. Awal Bross Batam Tawarkan Pelayanan Berstandar Internasional

Pengobatan Akupuntur RS Awal Bros, dr Mia Sophia,SpAk, Mengobati Pasien Menggunakan Laser

Pakar Kesehatan

dr.Mia Sophia.SpAk

Bacaan Lainnya

 

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Terapi akupuntur medik dapat menjadi pilihan untuk mengobati berbagai penyakit yang berhubungan dengan saraf, endokrin (hormonal) dan imunitas. Akupuntur medik tidak hanya digunakan untuk menghilangkan nyeri. Bagi pasien yang memiliki kondisi misalnya alergi obat, pasien dengan resiko tinggi jika dilakukan operasi, akupuntur dapat menjadi pilihan. Selain itu, akupuntur juga merupakan tindakan yang relatif aman dengan sedikit efek samping.

Terapi akupuntur telah dikenal sejak 4000 sampai 5000 tahun lalu di Cina. Akupuntur berasal dari kata acus (jarum) dan punctura (tusuk).

Banyaknya manfaat akupuntur pada pasien yang pernah menjalaninya, membuat metode pengobatan ini kian populer. Untuk itu RS.Awal Bros yang ada di Kota Batam juga memberikan pelayanan kesehatan dengan metode terapi akupuntur dengan pelayanan kesehatan secara professional berstandar internasional.

Manfaat Akupuntur

Akupuntur adalah metode yang digunakan untuk menusukan jarum dititik tertentu di tubuh dengan tujuan yang pertama yakni, dengan mengikatkan imunitas tubuh dengan secara prefentif dengan mencegah penyakit, memperbaiki sirkulasi darah dan juga sebagai pengobatan dengan mengobati nyeri, memperbaiki hormon, memperbaiki kualitas tubuh dll.

Akupuntur sendiri dalam fungsinya adalah memperbaiki sistim tubuh dengan merangsang imuntubuh, jadi tubuh itu sendiri yang akan merasakan sendiri (Self Filling).

Akupuntur Sudah Diakui dalam Dunia Kedokteran

Akupuntur yang saat ini dijalani adalah program spesialisasi atau Dokter Spesialis yaitu Dokter Umum yang mengambil spesialisasi yang sudah diakui oleh Kedokteran Indonesia, bahkan WHO (Dunia) juga sudah mengakui, bahwa akupuntur adalah salah satu pengobatan medik sebagai suatu treatmen bukan lagi sebagai alternatif atau sebagai komplementari.

Melalui perkembangan teknologi, zaman dahulu kala teknik pengobatan akupuntur itu dipelajari secara tradisional, tapi makin kedepan ada orang yang melakukan penelitian selanjutnya, mulai berkembang disesuaikan dengan ilmu kedokteran medik pada saat ini. Itu berdasarkan sosiologi anatomi, perangsangan terhadap urat saraf itu akan menimbulkan kesimpulan akupuntur yang sangat baik. Dan ini bukan berarti beralih cuman secara medik dipelajari lebih jauh yang lebih akurat.

Jenis Penanganan

  1. Menggunakan Jarum

Saat melakukan penusukan jarum pada tubuh yaitu dilakukan perangsangan dengan menggunakan tangan (manual) dan bisa dengan jentikan.

  1. Metode Listrik

Menggunakan sinar laser dan dalam penanganannya, Pasien tidak akan merasakan sakit sama sekali dengan memerlukan waktu kurang lebih setengah menit.

Spesifik Ukuran Jarum

Jarum itu ukuran bervariasi dan bahan nyapun juga bervariasi, kalau daerahnya yang tipis seperti muka bisa memakai jarum yang pendek, sedangkan pada daerah yang tebal seperti perut atau daerah yang tebal seperti otot, Kita menggunakan jarum yang lebih panjang.

Material jarum juga berbeda-beda yakni ada yang menggunakan Emas, Perak dan Tembaga, Stainless steel dan pada umumnya menggunakan jarum Stainlees steel karena biayanya lebih murah daripada jarum emas, tapi apabila pasien mengalami alergi maka Kita menggunakan jarum emas.

Perbedaan Pengobatan Akupuntur dan Konvensional

Pengobatan konvensional dalam penyembuhan terhadap Pasien dirasakan lebih cepat ( Jangka Pendek) namun pengobatan akupuntur bisa dirasakan manfaatnya secara  jangka panjang dan bisa dirasakan manfaatnya lebih baik dibanding konvensional.

Rasa Saat Dilakukan Akupuntur

Pasien saat dilakukan akupuntur akan mersakan sedikit ngilu seperti kesetrum, karena agak terangsang namun bukan karena akibat tusukan jarum.

Proses Pengobatan Akupuntur Secara Medik

Pasien datang pertama dilakukan pemeriksaan lalu ditanyakan apa penyebabnya baru dilakukan diagnosa selanjutnya dilakukan treatmen akupuntur untuk memastikan apakah ada tekanan darah atau sakit gula, karena Pasien pada sakit gula harus diwasdai, karena takut ada luka, baru dilakukan treatmen akupuntur dengan menusuk jarum di tubuh Pasien.

Jenis Penyakit

Dari segi kesehatan semua penyakit bisa digunakan dengan teknik akupuntur kecuali pada kelainan kronis dan pada penyakit Kanker, tetapi akupuntur bisa memperbaiki kualitas hidup dari penderita penyakit kanker, seperti mualnya, muntahnya dan sulit tidurnya itu bisa diatasi dengan metode akupuntur.

  1. Pasien Ibu Hamil

Ibu hamil bisa dilakukan pengobatan dengan menggunakan akupuntur dan ini sangat bagus sekali, buat meminimalisir penggunaan obat seperti mual, atau sakit Kepala bahkan untuk balita juga sangat baik untuk kolit perut. Bayi kalau minum kadang suka masuk udara dalam perut dan kadang suka nangis dan itu sangat baik apabila metode akupuntur diterapkan.

  1. Pasien yang Mengkonsumsi Obat Pencairan Darah

Dalam hal ini pasien yang sedang mengkonsumsi obat pencairan darah bisa dilakukan dengan metode pengobatan akupuntur yakni harus terus berkonsentrasi terhadap informasi yang dirasakan pasien ( Inform Konsen) kalau mungkin akan terjadi pendarahan. Tapi tidak selalu terjadi pendarahan saat dilakukan akupuntur karena akupuntur sebenarnya tidak menusukan jarum pada pembuluh darah, tapi menusukan titik-titik tertentu ditubuh dalam hal ini metode akupuntur tapi kadang saat terjadi penarikan jarum terjadi penusukan pada kulit yang mengakibatkan pada pendarahan pada kulit dan tidak terjadi padapendarahan yang besar.

  1. Pasien Penderita Stroke

Penderita pasien stroke sangat aman menggunakan pengobatan metode akupuntur dan hasilnya sangat baik, apalagi kalau penanganannya lebih cepat hasilnya sangat baik. Dalam melakukan treatmen lamanya selama 30 menit dan hal ini biasanya dilakukan dalam dua minggu selama dua kali. Kalau pasien yang merasakan nyeri yang hebat, bisa dilakukan dalam seminggu tiga kali atau empat kali.

  1. Insomnia ( Susah Tidur)

Akupunktur bagi penderita insomnia dapat diandalkan ketika pengobatan lain tidak berhasil menunjukkan efek penyembuhan. Akupuntur merupakan cara pengobatan yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu yang dikenal di Daratan China. Pengobatan ini dengan cara menusuk atau menekan titik–titik akupunktur dalam tubuh, atau titik meridian. “Tidak hanya mengobati, akupuntur juga mendiagnosis suatu penyakit dengan cara berbeda dengan ilmu kedokteran medik yang sesuai dengan ilmu akupuntur.

Mekanisme kerja akupunktur untuk mengatasi insomnia, akibat dari penusukan jarum akupunktur menyebabkan meningkatnya kadar serotonin dalam serum yang diperkirakan ikut berperan dalam proses tidur. Akupunktur akan memicu pelepasan morfin endogen tubuh sehingga akan timbul efek mengantuk. Selain itu juga dapat mengatasi insomnia akibat dari efek pengobatan pada kanker dan pasien cuci darah.

  1. Pasien yang Mengalami Gatal dan Alergi

Dalam penggunaan material jarum tersebut adalah lebih mempertimbangkan apakah Pasien alergi atau tidak dalam menggunakan jarum tersebut, namun demikian akupuntur sendiri mampu mengobati Pasien yang memiliki keluhan alergi.

  1. Pengobatan dan Penyembuhan Gejala Covid19

Akupuntur bisa membantu mempercepat penyembuhan Covid19, dengan meningkatkan imunitas tubuh serta meningkatkan fungsi dari paru-paru. Dimana di Wuhan Tiongkok, Mereka menggunakan cara akupuntur untuk Pasien-pasien yang mengalami gejala ringan dan sedang Covid19, bukan yang mengalami paling berat. Dan di Wuhan sendiri terapi akupuntur ini telah dimasukan dalam daftar pengobatan medik akupuntur penanganan percepatan penyembuhan Pasien Covid19.

Efek Samping Akupuntur

Secara umum akupuntur tidak memiliki efek samping, kecuali kepada Pasien yang takut jarum itu bisa singkop atau pingsan atau takut tapi bukan karena akupuntur atau dengan orang yang sangat sensitif dengan nyeri karena merasa sakit itu bisa tekanan darahnya bisa lemas tapi kalau efek samping secara umum itu tidak ada masalah karena akupuntur bisa dilakukan pada siapapun.

Peminat Akupuntur

Saat ini masyarakat yang berminat dengan pengobatan akupuntur belum begitu banyak, khususnya di Indonesia ( Batam), berbeda dengan di eropa, orang sudah melakukan pengobatan akupuntur untuk pengobatan penghilang cabut Gigi, penghilang rasa sakit sehabis operasi kecil ini sudah mulai menggunakan akupuntur.

Tapi kalau di Kota Batam masyarakat sudah mulai mencobanya, tapi belum terlalu signifikan. Hal ini bisa dimungkinkan karena masyarakat belum begitu mengenal apa metode akupuntur, karena dalam pikiran Mereka, akupuntur adalah pengobatan tradisional atau terapi kecantikan atau untuk kosmetik, tetapi pengenalan secara medik, masyarakat seakan belum begitu mengenal.

Saran

Akupuntur ini adalah pengobatan yang aman, tidak menyakitkan dan tidak mengerikan seperti yang orang fikirkan dan sangat efektif dan banyak pasien yang sangat terbantu dengan pengobatan alternatif ini.

#RS.AWALBROSBATAM

#TERDEPANTV(BincangTerdepan) #https://www.youtube.com/watch?v=6X7DY5jh83c&feature=youtu.be

 

TERDEPAN VIDEO

ADVERTISEMENT

Pos terkait