Gubernur Jabar Ridwan Kamil , Dikritik Pedas Direktur Lingkar Wajah Kemanusiaan Ini Penjelasanya

JAKARTA- Direktur Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute), Muhammad Mualimin meminta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil agar segera mengakhiri masa pencitraan disosial media dan mulai mewujudkan janji-janjinya semasa kampanye.

Dalam catatan Wakil Sekretaris BPL PB HMI ini, ada sederet janji manis Ridwan Kamil di Jawa Barat (Jabar) yang hingga hari ini masih jadi omong kosong belaka. Mulai dari Bandara Sukabumi, LRT Bandung Raya, Metro Kapsul, Satu Desa Satu Perusahaan, Apartemen Buruh di Kawasan Industri, Desa Digital, yang hampir semuanya tidak jelas wujudnya.

Bacaan Lainnya

‘’Pada Agustus 2017, Ridwan Kamil saat jadi Walikota Bandung bahkan sampai plesiran ke Meksiko, katanya lagi berguru bangun sistem transportasi bus. Saat ini saja, fasilitas Trans Metro Bandung (TMB) banyak yang rusak. Tidak ada yang mau naik bus, halte banyak coretan, jadi markas gelandangan. Program gagal, dan Ridwan Kamil tak pernah membereskan masalah itu,’’ kata Mualimin di Jakarta, Sabtu (28/11/2020).

Mantan Ketua Umum BPL HMI Jakarta Selatan ini menjelaskan, selain tidak becus mewujudkan janji pembangunan fisik di Jawa Barat, Ridwan Kamil juga lupa membangun sumber daya manusia di provinsi berpenduduk 49 juta itu. Akibatnya, angka kelahiran tinggi, kemiskinan bertambah, pengangguran naik, dan angka pernikahan anak di Jabar tertinggi nomor 2 di Indonesia.

‘’Di Subang, Indramayu, Cianjur, itu angka cerai tinggi sekali. Kenapa? Karena anak yang harusnya belajar malah duluan kawin, akhirnya berhenti sekolah. Itu sebab miskin dan rendahnya edukasi orang tua. Inilah nasib provinsi yang terlalu banyak penduduk. Sumber daya manusia kurang terurus. Emil di Instagram yang berpengikut 13,3 juta akun harusnya stop dulu unggah foto keluarga, hentikan foto pribadi yang tak penting. Tunjukkan mana hasil kerjamu?’’ tanyanya.

Dengan banyaknya omong besar dan pencitraan masif di dunia maya, Mualimin menjuluki Ridwan Kamil sebagai ‘Gubernur Dunia Khayal’. Sebab, hanya ucapan dan unggahan janji di sosial media yang tampak, tapi di dunia nyata hampir tidak ada proyek fisik yang sukses terwujud.

Setelah banyak janji hanya omong kosong belaka, kini Ridwan Kamil menjanjikan Patimban City sebagai kota masa depan di Subang yang dalam 10 tahun kedepan bakal dihuni 1 juta penduduk dan jadi pusat baru industri di Jawa Barat.

Menurut Magister Hukum Universitas Nasional (Unas) ini, rencana itu hanya akan jadi mimpi di siang bolong karena Ridwan Kamil tak mampu menjelaskan dari mana dana untuk menyiapkan infrastruktur kota baru itu.

‘’Coba berapa Rupiah yang dialokasikan Pemda untuk persiapan Patimban City? Kalau investor yang disuruh memulai pembangunan kota yang benar-benar baru, mana ada yang mau. Dari pada banyak janji basi, sebaiknya Kang Emil wujudkan dulu omongan sebelumnya. Apa kabar Pemindahan Pusat Pemerintahan Jabar? Lalu apa guna Tim Akselerasi Pembangunan (TAP)? Bagi-bagi jabatan kepada pendukung?’’ pungkasnya.

 

Reporter : Ardi Priana

#RidwanKamil

 

TERDEPAN VIDEO

ADVERTISEMENT

Pos terkait