Siap-siap Bagi Penerima Bansos Mulai Januari 2021 Dana Bantuan Bakal Cair

TERDEPAN.CO.ID,JAKARTA-Penyaluran bantuan bansos bagi masyarakat yang terdampak Covid19 akan didistribusika mulai 4 Januari 2021 dengan menggunakan jasa PT. POS Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan akan ada sebanyak 38,8 juta penerima manfaat bantuan sosial (bansos) di tahun 2021. Dengan rincian, sebanyak 18,8 juta penerima manfaat bansos sembako, 10 juta penerima manfaat bansos tunai dan 10 juta penerima manfaat bansos Program Keluarga Harapan (PKH).

Bacaan Lainnya

“Datanya kita sudah final dan kita akan mengembalikan ke daerah dan itu harus kembali ke Pemerintah pusat tanggal 1 Januari . Karena sesuai dengan instruksi Presiden bahwa minggu pertama bulan januari bantuan ini sudah bisa diberikan kepada penerima manfaat bantuan. Kenapa demikian karena itu akan membantu perekonomian di daerah supaya tidak turun dengan perputaran, karena kalau kita lihat bantuan untuk sembako itu rata rata satu bulannya 3,76 Triliun kalau dibagi 500 sekian daerah kurang lebih ada sekitar 60 Milyar di daerah dan itu berputar untuk permakanan. Maksudnya kebutuhan pokok artinya, ada perputaran uang yang cukup besar di daerah, “kata Tri Rismaharini seusai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (29/12/2020).

Ia menjelaskan, untuk penyaluran bantuan di Papua akan dilakukan dengan metode khusus.

“Kemudian Kita dengan PT POS akan menyalurkannya kurang lebih mulai tanggal 4 januari satu minggu itu sudah bisa kelar diseluruh Indonesia tapi memang ada yang khusus seperti di Papua yang mungkin mekanismenya berbeda, “lanjutnya.

Nah kami akan menyampaikan sebagaimana tadi disampaikan oleh Bapak Menko bahwa penerima program sembako atau PKH itu tahun ini adalah 18,8 Juta penerima dan 200 ribu perbulan itu akan diberikan mulai bulan januari sampai dengan Desember, “terusnya lagi.

Ia menegaskan, sesuai anjuran dan arahan Menko dan Presiden, bantuan tersebut tidak untuk pembelian rokok.

“tidak ada lagi untuk pembelian rokok dan Kami akan pantau karena bulan februari , Insaallah kami tidak akan menyiapkan alat untuk mengetahui belanja apasaja dengan uang itu akan dibelanjakan untuk apa saja. Jangan karena bneli rokok kemudian menjadi sakit, “terangnya.

Risma menambahkan, untuk program bantuan sosial tunai tahun 2021 penerima bantuan ada 10 juta untuk seluruh Indonesia termasuk di Jabodetabek.

“Kemudian penyalurnya adalah PT. POS dan untuk indeks bantuan perbulannya adalah 300/ penerima manfaat.  Dan itu diberikan oleh pemerintah dari Januari hingga April ( Empat Bulan ) dan tidak utuh selama satu tahun seperti program PKH. Karena itu sekali lagi kami akan lakukan untuk kontrol untuk pembeliannya. Kami akan buatkan edaran untuk belanja apa saja yang bisa digunakan, “serunya.

Risma dalam ulasannya tentang bantuan PKH di tahun 2021 adalah 10 juta penerima manfaat dan penyalurnya menggunakan Bank HIMBARA ( Himpunan Bank milik Pemerintah). Dan penggunaannya yakni untuk ibu hamil kemudian anak usia dini kemudian anak usia sekolah kemudian penyandang Disabilitas dan kemudian lanjut usia. Ini akan diberikan setiap tiga bulan sekali , Januari, April, Juli dan bulan Oktober).

“Dan instruksi Bapak Presiden tidak ada pengunaan untuk pembelian rokok, Kami akan bicarakan kalau itu terjadi , maka kami akan lakukan evaluasi untuk penerima bantuan, karena sekali lagi para penerima bantuan ini untuk kesehatan namun kemudian ada masalah kesehatan karena digunakan untuk rokok,“ulasnya.

Untuk sembako nanti akan Kita adakan, tapi akan kami sampaikan, pada bulan februari ada mekanisme yang akan kita perbarui yang lebih mudah namun kita lebih detail untuk melakukannya, karena feetback jangan hanya kami memberikan bantuan tapi ada pelaporan juga untuk penerima bantuan. Sehingga kami harapkan tidak ada lagi yang berusaha memotong karena laporan-laporan itu akan masuk di kami didalam proses setiap penerimaan bantuan kepada penerima bantuan sehingga harapannya tidak ada pemotongan maupun penyelewengan bantuan, “tutupnya.

Redaksi

 

TERDEPAN VIDEO

ADVERTISEMENT

Pos terkait