Telan Biaya Mencapai Rp 1,8 Triliun Bendungan Tugu Siap Diresmikan Presiden RI

  • Whatsapp
Kepala BBWS Brantas dan Bupati Trenggalek tinjau Bendungan Tugu

TERDEPAN.CO.ID,TRENGGALEK- Proyek srategis nasional, Bendungan Tugu yang bertempat di desa Nglinggis Kecamatan Tugu Trenggalek kini memasuki tahap pengisian (impounding). Prosesnya akan memakan waktu sekitar dua bulan atau beroperasi pada november mendatang, Selasa (21/09/21).

Kepala BBWS Brantas Muhammad Rizal menjelaskan, progres pembangun Bendungan Tugu saat ini  sudah mencapai 99 persen dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik dengan panjang  475 meter dan mempunyai daya genang 89 meter kubik.

Bacaan Lainnya

“ Dengan spesifikasi demikian, mampu mengaliri 12 ribu hektar lahan pertanian,” jelasnya.

Kepala BBWS Brantas dan Bupati Trenggalek saat membuka acara

Rizal mengungkapkan, selain untuk irigasi persawahan, Bendungan Tugu juga dapat difungsikan sebagai pencegah banjir dan pembangkit listrik mikrohidro sebesar 0,4 megawatt.

“Dari daya yang dihasilkan oleh Bendungan Tugu mampu memasok kebutuhan listrik tingkat daerah,” ungkapnya.

Ia menegaskan, Bendungan Tugu  dibangun pada awal tahun 2014 dengan target tiga tahun selesai, namun terpaksa diundur hingga tahun 2021 dengan menggunakan total anggaran Rp 1,8 Triliun.

“Tepat pada tahun ini, bisa dilakukan pengisian waduk dan akan selesai pada bulan November yang nantinya akan diresmikan langsung oleh Presiden RI Jokowidodo,” imbuhnya.

 

Reporter Dias Ahmad Farid

Editor: IKA

#BendunganTugu #KementrianPUPR Proyek Srategis Nasional

TERDEPAN TV

Pos terkait