Lanud Suryadarma Bersinergi Bersama PMI dalam Mendukung Tersedianya Darah Selama Wabah Pandemi Covid-19

TERDEPAN.CO.ID, SUBANG, – Personel Lanud Suryadarma bersama insub seperti Wingdiktek, Wingdikkal dan Kipan C Yonko 461 Paskhas dan PIA Ardhay Garini (PIA AG) bersinergi bersama PMI Kabupaten Subang melaksanakan kegiatan donor darah untuk mendukung tersedianya darah selama wabah Covid-19. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan di Hanggar Skadon Pendidikan (Skadik) 303 Wingdiktekkal, Kalijati Subang. Kamis (15/10/2020).

Pelaksanakan donor darah yang di ikuti sebanyak 247 anggota dari . Lanud Suryadarma, bersama insub ini dengan milibatkan sepuluh orang personel PMI beserta peralatannya dan dibantu oleh anggota kesehatan dari Rumah sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma.

Bacaan Lainnya

Menurut Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., saat melaksanakan pembukaan acara donor darah mengatakan bahwa kami dari TNI Angkatan Udara khususnya yang berada di Kabupaten Subang ini seperti Lanud Suryadarma Wingdiktek, Wingdikkal melaksanakan donor darah dengan maksud dan tujuan untuk kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT TNI yang ke 75 dan rangkaian HUT ke 64 PIA Ardhya Garini sekaligus juga untuk memberikan bantuan dan sumbangan darah kita kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Subang yang membutuhkan.

“Seperti yang kita tahu bersama bahwa kurang lebih satu bulan ini masyarakat Kabupaten Subang membutuhkan kurang lebih seribu kantong darah oleh karena itu kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Udara yang berada di kabupaten Subang berkeinginan untuk berkontribusi dalam kegiatan kemanusiaan khususnya dalam membantu warga kita yang membutuhkan darah dari PMI,” jelas Djohn Amarul.  

Lebih lanjut dikatakan komandan bahwa Kita menyadari bahwa darah yang dikaruniakan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menunjang kehidupan manusia belum dapat diproduksi oleh pabrik manapun, karena itu setetes darah akan dapat menyelamatkan jiwa seseorang. Harapan hidup sipenderita sakit sangat membutuhkan setitik darah dari para pendonor untuk menyumbangkan darahnya.

“Untuk itu diharapkan kepada pendonor yang dinyatakan sehat oleh medis dapat menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan,” Harap Komandan.

Pada kesempatan itu juga kepala UTD PMI Kabupaten Subang dr. H. Ahmad Nasuhi, M.Kes., yang turut hadir pada acara donor darah di Lanud Suryadarma mengatakan bahwa , Kami sangat bersyukur Alhamdulillah pada hari ini kita ada kerja sama dengan Lanud Suryadarma Subang dalam rangka kebutuhan darah dari pada pandemi covid.

“ kami ucapkan beribu terimakasih karna luar biasa sekali, ini target kami mudah mudahan tercapai 200 sehingga kebutuhan daran di Subang akan terpenuhi dan kami sangat yakin dengan kerja sama yang baik ini insyaallah kedepan, kebutuhan darah dikabupaten subang bisa tersedia sehingga masyarakat tidak khawatir lagi kekurangan stok darah diera pandemi ini,” jelas dr. H. Ahmad Nasuhi. 

Lebih lanjut juga dikatakan dr. H. Ahmad Nasuhi, bahwa dimasa wabah pandemi Covid-19 ini menyebabkan banyak masyarakat yang ingin mendonorkan darah ke PMI terkendala karna kekhawatiran.

“Dengan adanya kegiatan donor darah massal seperti ini apalagi sudah bagian agenda rutin dari Lanud Suryadarma kami sangat mengapresiasi sangat terharu karna sangat luar biasa sekali pendonor darah yang ada disini sangat bersemangat. mudah-mudahan masyarakat subang yang membutuhkan darah dapat tercukupi karna adanya donor darah massal ini. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Komandan Lanud Suryadarma, mudah mudahan segala amal ibadahnya  diterima oleh Allah Subhanahuwata’ala atas amal amal yang sudah dilakukan semua anggotanya disini,” pungkas dr. H. Ahmad Nasuhi. 

Pada akhir kegiatan donor darah Karumkit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma  Mayor Kes dr. Indria Sari, Sp.B., MPH., menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dari rumah sakit dr. Hoediyono Lanud Suryadarma bekerjasama dengan PMI Kabupaten Subang untuk melaksanakan donor darah dalam rangka mendukung tersedianya darah di PMI Kabupaten Subang selama wabah Covid-19.

“Kegiatan donor darah ini kita laksanakan beberapa tahap dan bergilir bagi pendonor untuk menjaga dari kerumunan anggota dan juga diterapkan Physical distancing/jaga jarak sesuai protokol kesehatan untuk mencegah wabah Covid-19,” jelasnya.

“Pada kegiatan donor darah kali ini para calon pendonor yang terdaftar sebanyak 247 orang namun hingga akhir kegiatan berhasil dikumpulkan sekitar 232 kantong darah dengan berbagai golongan darah untuk di simpan di PMI Subang dan yang lainnya tidak bisa melaksanakan donor karena tidak memenuhi persaratan sebagai pendonor,”pungkas dr. Indria Sari, Sp.B., MPH.

Dalam kegiatan bakti sosial donor darah tersebut dihadiri pula oleh Komandan Wingdiktek Kolonel Tek Iman Gozali, S.E., Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Khairun Aslam, Wakil Ketua Bidang Yankessos PMI Subang dr. H. Mugia Nugraha,M.M., Ketua PIA AG Bakorcab Kalijati Ny. Tanti Djohn Amarul, Para Kepala dinas dari Lanud Suryadarma , Wingdiktek, wingdikkal, para pengurus PIA AG Bakorcab Kalijati, para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal.(Mansyur)

 

Kepala Penerangan,

Gerardus Maliti, S.Sos., M.Si.

Letkol Sus NRP 524400

TERDEPAN VIDEO

ADVERTISEMENT

Pos terkait